jadi travel blogger

1.Jadi Travel Blogger Wajib Suka Jalan – Jalan!

Kalau kalian termasuk orang yang gak suka jalan – jalan, enggak mungkin kalian bisa jadi travel blogger. Apalagi kalau kalian Hikikomori, yang lebih suka mengurung diri di dalam kamar. Jalan – jalan pun nggak melulu harus jauh atau tempat yang menurut orang lain keren!
Cerita pulang kampung, kejadian tak terduga di jalanan atau bahkan hanya jalan – jalan ke museum pun bisa jadi cerita :D. Kecuali kalian anaknya om bill gates yang bisa pulang pergi jakarta – eropa tiap hari, mungkin lebih baik memulai menulis di travel blog dari perjalanan yang dekat dulu. Misal bisa mulai mencoba cerita apa yang menarik di sekitar kalian :)

2. Mau Jadi Travel Blogger Nggak Wajib Pinter Nulis, Yang Penting Mau Belajar

Untuk yang memang sudah berbakat menulis, atau sudah sering menulis hal yang satu ini tidak akan menjadi masalah. Nah, buat yang latar belakangnya enggak ada pengalaman tulis menulis seperti saya,kemauan belajar menulis itu wajib hukumnya jika ingin menjadi travel blogger.
Paling enggak, jangan cuma nungguin saja. Kalau menunggu sampai bisa menulis, mungkin tiap pulang traveling atau jalan – jalan akan hanya berakhir dengan pamer foto di social media saja. Bisa pamer foto bikin orang lain iri, tapi ya cuma sekedar itu saja. Kalau teman – teman mau mulai menuliskannya di blog, nggak akan cuma membuat iri orang lain saja, tapi mungkin akan bakal memotivasi. Keren kan!? :D
Mau tulisan jelek atau bagus, kalian enggak akan tahu sampai menuliskannya sampai selesai. Coba saya dulu nggak pede, atau nggak ngelanjutin nulis di travel blog catperku. Nggak munggkin catperku bisa sampaie sekarang :) Percaya atau enggak, selain  travel blog ini, saya cuma pernah menulis skripsi saja. Itupun cuma dapat nilai A! Lhooo~ Xixixi!

Write Now, Think Later, Revise After! -, Unknown

Yang jelas, mulai saja menulis travel blog, perbaiki seiring perjalanan waktu. Kalau enggak dimulai sekarang, kapan lagi dong?
Catat idemu, tulis ceritamu dimana saja, kapan saja :)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Catat idemu, tulis ceritamu dimana saja, kapan saja :)

3. Mulai Cari Tahu Platform Blog Apa Saja Yang Enak Untuk Membuat Travel Blog

Entah mau memakai blogger.comwordpress.com atau mau setup server dan hosting sendiri kalau sudah ramai dikunjungi. Yang jelas kalian enggak boleh terlalu gaptek, kalau mau menjadi travel blogger. Platform blog paling gampang dipelajari untuk pemula adalah blogger.com dan wordpress.com.
Kalau bingung, cari saja buku tentang dua platform blog yang terkenal tadi di toko buku. Ada banyak tutorial kok, gampang lagi. Atau, kalau mau lebih keren lagi bisa beli domain name sendiri, dan server sendiri untukwordpress self hosted. Tenang, kalau bingung cara bikinnya, tinggal sewa jasa orang untuk setting blog kalian.
Eh, saya juga bisa loh disewa buat setting…. *uhuk, ngiklan mulu*

4. Promosikan Travel Blog Kalian

Ini kadang jadi salah satu bagian penting dari seorang travel blogger juga. Bayangkan kalian sudah nulis selama 7 hari 7 malam, tetapi enggak ada yang baca? Kecuali niatnya untuk diary, curhat, curcol karena nulis tentang GEBETAN… It’s ok! Tapi kalau tulisan kalian memang untuk dibaca orang lain, kenapa enggak di promosiin?
Mempromosikan travel blog kalian juga enggak perlu pasang iklan jitu di koran kok. Paling gampang sih bagikan link tulisan ke social mediakalian, bisa juga dengan blogwalking dan berkomentar di travel blog orang lain. Seringnya mereka akan berkunjung balik, dengan tampang sedikit kepo.
“Siapa sih, orang yang barusan meninggalkan jejak?” Kira – kira begitu~
Itu kalau kalian blogwalking lalu meninggalkan jejak dengan komentar. Seringnya nanti pasti ada yang akan mengunjungi balik plus komentar pula. Jadi, jangan meremehkan yang namanya blogwalking, karena ada beberapa travel blogger kece yang makin ngehits karena rajin blog walking! Siapakah travel blogger itu?

5. Mau Jadi Travel Blogger, Harus Rajin Baca!

Ssst ini sebenarnya rahasia, tetapi karena sepertinya sudah banyak yang tahu, jadi saya beberkan terang – terangan saya deh~ Rajin membaca tentunya akan meningkatkan pengetahuan kalian. Paling enggak, dengan semakin banya tulisan yang dibaca alam bawah sadar makin sering merekam pola – pola menulis yang sebelumnya belum kalian ketahui sebelumnya.
Saya belajar menulis dengan cara seperti itu, dari beberapa tahun lalu mulai sering beli buku ini itu, terutama yang bertema perjalanan. Pun saya senang membaca bukan karena ingin jadi travel blogger saja, tetapi karena dari dulu saya memang senang membaca dan saya bosan tiap hari ketemu sama “kode”. Ya! Sudah tau kan kalau saya aslinyaprogrammer yang tiap hari harus bersentuhan dengan “kode”. *sigh*
Berbagai buku, dan tulisan di travel blog lain yang saya baca banyak menghibur saya, juga menambah pengetahuan saya di dunia tulis menulis. Memang tulisan saya belum keren dan kece seperti yang lain, tetapi paling tidak saya merasakan perubahan jika dibandingkan dengan tulisan saya ketika dulu baru memulai menulis di travel blog ini.
Apakah benar begitu?

6. Yang paling Sulit, Dan Tantangan Terbesar… Konsisten Menulis!

Konsisten menulis itu sebenarnya yang paling susah. Ada yang karena kerjaan lain selain menulis di travel blog lagi banyak, ada yang katanya lagi “writer block”, ada juga yang katanya lagi super galau. Eh, yang terakhir itu… kalau saya makin galau biasanya kualitas tulisan makin memuaskan. Paling tidak buat saya sih :D
Tentang konsistensi menulis di blog, kalaupun memang enggak bisa tiap hari menulis. Minimal menulis seminggu sekali, atau kalau enggak dua minggu deh. Sebulan sekali masih bisa diterima sih, tapi yaa, orang kalau lagi nyasar atau blogwalking ke blog kalian baca cerita apa dong? Kalau kalian nulisnya satu tahun sekali, apalagi pas malam satu suro… well, sepertinya kalian enggak cocok jadi travel blogger, jadi dukun aja mandiin Keris 1 tahun sekali, waktu malam satu suro! :p
***
Jalan bareng temen, kadang bisa jadi banyak cerita menarik untuk ditulis :)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Jalan bareng temen, kadang bisa jadi banyak cerita menarik untuk ditulis :)
Nah, kira – kira ada enam cara menjadi travel blogger berdasarkan pengalaman saya selama ini. Mungkin bukan cara cepat atau bahkan trik cepat jadi travel blogger sukses. Enggak ada yang namanya sukses dalam waktu sekejap. Semua itu perlu perjuangan. Perlu diketahui sekali lagi, pekerjaan travel blogger itu adalah pekerjaan yang menyita waktu, tenaga dan biaya.
Meskipun ada enaknya juga, kalau beruntung bisa terbit menjadi buku, atau ada yang nawarin pasang iklan *pasang dong XD*, atau kalau saingan lagi dikit sih kadang menang lomba~ Tapi itu jarang banget nyahahah, karena banyak travel blogger diluar sana yang memang spesialis ikutan lomba.
Yang jelas, enggak ada ruginya jadi travel blogger! Kalau udah biasa malah jadi ketagihan. Gara – gara blog ini juga ada banyak hal baru yang tidak mungkin saya dapatkan jika saya terlalu serius menjadi seorang programmer saja. Nah, sekarang adakah teman – teman yang ingin menambahkan tips atau cara menjadi travel blogger versi ka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rappers termuda indonesia

10 artis tercantik indonesia

Jadi Orang yang menyenangkan yu?