Trip jadi selebgram

Menjadi selebgram (selebriti Instagram) kerap dijadikan pilihan bagi wanita pengguna hijab untuk meraih popularitas di media sosial. Pasalnya, ada banyak keuntungan yang dirasakan oleh para hijaber ketika menjadi terkenal di Instagram. Sebut saja menjadi endorser sebuahbrand atau toko online, duta produk kecantikan, hingga menerima tawaran pekerjaan menjadi model, host, atau pemain film.
Lewat tawaran tersebut, selebgram hijab ini juga dapat menjalin relasi dengan banyak orang, serta punya kesempatan keliling Indonesia—bahkan luar negeri. Terdengar menyenangkan sekali, bukan?
Akan tetapi, menjadi hijaber yang populer di Instagram itu tidak mudah. Ada beberapa cara yang harus mereka lakukan agar akun Instagram miliknya mampu menarik banyakfollower. Apa saja? Berikut adalah kiat yang dilakukan para hijaber populer di Instagram, yang saya rangkum dari berbagai hasil penelusuran.

Memiliki gaya hijab yang khas

Zaski Sungkar | Screenshot
Hijab modern ala Zaskia Sungkar. Sumber gambar: Instagram
Memiliki gaya khas dalam berhijab merupakan hal terpenting bagi seorang hijaber. Hal ini sangat diperhatikan oleh beberapa selebgram maupun artis pemakai hijab untuk bisa menarik perhatian pengikutnya. Sebut saja selebgram Dian PelangiRia Ricis, serta selebriti pengguna hijab seperti Zaskia SungkarAlyssa Soebandono, dan jajaran artis lainnya yang memiliki gaya hijab khas.
Salah satunya adalah Zaskia Sungkar yang memiliki 7,4 juta pengikut di Instagram. Artis sekaligus desainer busana muslim ini punya gaya hijab yang simpel dan kasual, namun tetap terlihat cantik. Gaya tersebut cukup digemari pada tahun 2016 ini, sehingga banyak pengguna hijab mengikuti akunnya untuk mencontoh maupun mendapat inspirasi.

Rajin posting tutorial hijab


Selain memiliki gaya hijab yang khas, para selebgram ini juga rajin posting tutorial mengenakan hijab yang modis dan fashionable, baik dalam bentuk foto maupun video. Hal tersebut terbukti sukses dilakukan oleh salah satu selebgram, Dian Rizkita, yang secara rutin membagikan tutorial di Instagram.
Lewat akun Instagram miliknya yang saat ini memiliki 15,9 ribu pengguna, mahasiswi Universitas Negeri Solo ini posting tutorial hijab minimal satu minggu sekali. Di sela-sela tutorial, ia juga posting beberapa variasi foto berisi aktivitas kesehariannya.
Pola posting yang rutin penting dilakukan. Karena dengan begitu pengikut akun Instagram seorang selebgram tahu kapan mereka bisa mendapatkan konten baru.

Konsisten membagikan segala foto aktivitas keseharian


Tanpa konsistensi, popularitas mustahil didapatkan. Maka tidak heran jika para selebgram ini rutin membagikan akitivitas keseharian mereka, mulai dari hobi, pekerjaan, hingga travelingdalam balutan hijab. Ini sangat diperlukan untuk mempertahankan dan meningkatkan popularitasnya sebagai seorang selebgram hijab.
Salah satu contoh selebgram yang membagikan aktivitasnya secara konsisten adalah Dian Safitrihijaber yang juga seorang traveler. Sebagai pecinta brand high-end yang kerap bepergian keliling dunia, ia rajin posting gaya berhijabnya yang disesuaikan dengan kegiatan travelling.

Mengetahui kapan waktu tepat untuk posting

Waktu yang paling tepat untuk melakukan aktivitas pada akun Instagram adalah ketika banyak follower aktif. Berdasarkan data yang dirilis Lunaria Report, aktivitas Instagram masyarakat Indonesia dimulai pada jam 8.00. Puncak aktivitas berada di antara jam 12.00 sampai jam 18.00. Pada waktu inilah orang Indonesia paling banyak menggunakan Instagram. Selain pada jam-jam tersebut, kepadatan juga terjadi pada malam hari, antara jam 21.00 sampai 23.00.
Kebiasaan ini diamati oleh Ria Ricis. Ia sangat jeli melihat kapan waktu yang tepat untukposting di akun Instagram miliknya, dengan memperkirakan jam yang akan banyak menghasilkan komentar dan like. Menurutnya, waktu yang paling tepat adalah jam 19.00, dan tidak boleh lewat dari jam 22.00.
Selain itu, menentukan batas posting dalam sehari juga penting dilakukan. Lunaria menyarankan jumlah posting tidak lebih dari tiga kali dalam satu hari.

Sering menuliskan kutipan dan tagar yang inspiratif

Selain gambar dan video, cara lain yang digunakan selebgram untuk meningkatkan popularitas adalah menggunakan kutipan dan tagar yang inspiratif. Selain bisa memancing banyak komentar, konten tersebut juga bisa bermanfaat untuk para follower.

Hal demikian dilakukan oleh Dian Pelangi dan Alyssa Soebandono. Salah satu kunci popularitas Dian di Instagram adalah dengan posting hal-hal yang bermanfaat dan berusaha memberikan kontribusi positif pada pengikutnya, baik melalui foto maupun caption.
Sementara Alyssa, yang merupakan istri dari aktor tampan Dude Herlino, gemar menuliskan kutipan bijak yang mampu menarik perhatian pengikutnya agar memberikan Like maupun berkomentar.

Tuangkan kreativitas untuk membuat konten yang unik

Agar konten Instagram terlihat unik dan menyita perhatian, sehingga para selebgram bisa menambah jumlah follower, diperlukan kreativitas tersendiri. Hal tersebut berhasil dilakukan oleh Ria Ricis yang memiliki 4,6 juta pengikut di Instagram. Adik kandung artis Oki Setiana Dewi ini selalu bisa menarik perhatian para follower dengan aksi-aksi kocaknya.

Ia sering membagikan konten unik, mulai dari video kocakmeme lucu, hingga kutipan dan tagar yang sedang menjadi trending topic. Tentu saja, konten tersebut berhubungan dengan kehidupannya sehari-hari. Tak heran jika pada tahun 2016, pemilik nama asli Ria Yunita ini memperoleh  penghargaan Selebgram Hijabers of the Year versi Socmed Awards 2016 RCTI.

Posting foto atau video yang bisa memancing komentar


Masih berhubungan dengan kiat sebelumnya yang berkaitan dengan konten, selebgramkerap posting foto atau video yang mampu memancing komentar atau menimbulkan kontroversi. Ini bisa menjadi cara yang jitu untuk meningkatkan popularitas seorang hijaber.
Hal tersebut dilakukan oleh Ridha Amaliah. Sebelum mengunggah meme lucu di akun Instagram miliknya, gadis asal Kendari ini selalu menambahkan caption yang seolah-olah mengajak bicara pengikutnya.

Mengunggah foto dan video yang berkualitas


Para selebgram hijab umumnya sangat memperhatikan kualitas foto dan video yang akan mereka unggah. Mereka selalu menampilkan foto terbaik yang memiliki kualitas bagus serta angle menarik. Seperti halnya Joyaghselebgram yang dikenal memiliki foto dengan kualitas yang bagus dan menarik.
Foto yang bagus bisa dilihat dari kejelasan subjek, komposisi, serta pencahayaannya. Ini tidak sekadar bisa didapatkan dengan menggunakan kamera ponsel yang memiliki resolusi tinggi, melainkan juga pengetahuan dasar yang cukup tentang fotografi.
Mereka tidak ragu untuk manfaatkan peralatan-peralatan yang diperlukan, seperti tongsisatau tripod. Selain itu, subjek utama gambar, yaitu sang hijaber, umumnya memiliki wajah yang fotogenik. Foto maupun video yang diunggah pun memiliki sisi unik, sehingga berbeda dengan konten yang diunggah selebgram lain.
Hal tersebut dinilai ampuh untuk meningkatkan kualitas konten Instagram sekaligus menambah jumlah pengikut di Instagram.

Berinteraksi dengan follower

Interaksi dengan follower sangat penting demi mempertahankan mereka untuk terus menjadi pengikut setia. Para selebgram melakukannya dengan bersosialisasi, mulai dari saling memberikan like hingga menanggapi komentar. Semakin sering selebgram merespons pengikutnya, semakin sering juga para pengikut mereka melakukan hal yang sama.

Nah, itu tadi beberapa kita yang dilakukan selebgram hijab dalam mencapai popularitas di InstagramKamu bisa kembangkan ide-ide kreatifmu sendiri dalam mengolah konten Instagram, supaya semakin menarik dan berbeda dengan akun selebgram lainnya yang sudah ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rappers termuda indonesia

10 artis tercantik indonesia

Jadi Orang yang menyenangkan yu?